Kamis, 13 Oktober 2011

Online Trading

Pembahasan sebelum sudah kita bahas tentang pemahaman investasi, terutama investasi riil, dan selanjutnya akan membahas investasi juga bisnis non riil yakni Online Trading, yang paling mendasar adalah kita harus memahami dulu apa itu trading atau online trading, karena di dalam online trading itu sendiri ada beberapa ciri khas yang membedakan dari investasi konvensional.
Seperti artikel sebelumnya yang membahas investasi di sektor riil, seperti membeli rumah, tanah, dan investasi konvensional lainnya, sebenarnya kita sudah memahami dan melakukan apa itu trading yang pada dasarnya antara investasi dan online trading itu sendiri mempunyai substansi yang sama yakni keinginan untuk meraih keuntungan. Keuntungan yang kita peroleh dari sektor riil sebagai contoh adalah dari selisih nilai sewaktu membeli rumah beberapa waktu dulu lalu menjualnya di masa yang akan datang.
Akan tetapi seperti online trading itu sendiri memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh investasi terutama di sektor riil. Contoh yang paling mendasar dimana online trading itu lebih memiliki keunggulan yakni misalkan Anda membeli rumah dan tanpa diduga terkena bencana alam di area sekitar lingkungan property Anda, maka Anda akan mengalami kerugian investasi yang dikarena oleh bencana alam yang mengakibatkan kerusakan pada asset investasi Anda, secara otomatis investasi yang anda harapkan untuk meraih keuntungan berbalik arah menjadi kerugian. Jadi pada investasi di sektor ini Anda tidak bisa meraih keuntungan disaat terjadi penurunan nilai investasi Anda.
Disinilah perbedaan antara investasi tadi dengan online trading, di sektor non riil terutama di dalam online trading memberikan Anda keleluasaan untuk mendapatkan peluang profit di saat harga itu jatuh atau mengalami penurunan. Anda bisa melakukan posisi jual saat terjadi penurunan dengan membuka posisi baru, tanpa Anda harus melakukan posisi beli, inilah yang dinamakan two ways opportunity yang tidak akan kita jumpai di sektor riil. Di online trading Anda bisa melakukan transaksi dengan cara dua arah dalam mengambil keuntungan dalam artian Anda bisa melakukan buy lalu menutup transaksi Anda dengan sell, begitu juga sebaliknya Anda melakukkan posisi sell yang ditutup dengan buy, tanpa harus membeli dahulu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar